Jenis Pekerjaan yang Dibutuhkan Saat Ini dan Di Masa yang Akan Datang

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Sulitnya mendapatkan lowongan kerja saat ini membuat persaingan menjadi semakin ketat. Tidak banyak lowongan kerja yang tersedia membuat semakin banyak pengangguran setiap tahunnya. 

Untuk itu, bagi Anda yang mempersiapkan diri masuk kuliah, pastikan untuk memilih jurusan yang memang dibutuhkan saat ini.

Jenis Pekerjaan yang Dibutuhkan Saat Ini dan Di Masa yang Akan Datang

Lulusan akuntansi memiliki banyak pilihan karir yang menjanjikan berkat keterampilan yang diperoleh selama studi. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk lulusan akuntansi:

1. Akuntan Publik (Public Accountant)

Akuntan publik bekerja untuk firma akuntansi dan memberikan layanan seperti audit, perpajakan, dan konsultasi kepada klien. Mereka bertanggung jawab untuk memeriksa laporan keuangan dan memastikan bahwa informasi keuangan akurat dan sesuai dengan standar akuntansi. 

Seorang Akuntan harus melakukan audit atas laporan keuangan perusahaan, menghitung dan melaporkan pajak klien, dan memberikan konsultasi keuangan dan akuntansi.

2. Akuntan Manajemen (Management Accountant)

Akuntan manajemen bekerja di dalam perusahaan dan bertanggung jawab untuk mengelola anggaran, analisis biaya, dan perencanaan keuangan. Mereka membantu manajemen dalam pengambilan keputusan strategis berdasarkan data keuangan. 

Tugas dari Management Accountant adalah mengembangkan dan memonitor anggaran perusahaan, melakukan analisis biaya dan memberikan rekomendasi, dan menyusun laporan keuangan untuk manajemen.

3. Analis Keuangan (Financial Analyst)

Analis keuangan bertugas untuk menganalisis data keuangan dan memberikan rekomendasi investasi atau strategi keuangan kepada perusahaan. Mereka membantu manajemen dalam merencanakan dan mengelola keuangan perusahaan. 

Kemudian bertugas menganalisis laporan keuangan dan kinerja perusahaan, menyusun proyeksi keuangan dan analisis risiko, serta membantu dalam pengambilan keputusan investasi.

4. Auditor Internal (Internal Auditor)

Auditor internal bekerja di dalam organisasi untuk menilai dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko, kontrol, dan proses pemeriksaan. Mereka bertugas untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku. 

Internal Auditor bertanggung jawab melakukan audit terhadap sistem dan proses internal, memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan efisiensi, dan menyusun laporan audit untuk manajemen.

5. Konsultan Pajak (Tax Consultant)

Konsultan pajak memberikan saran dan strategi terkait pajak kepada individu dan perusahaan. Mereka membantu klien dalam merencanakan kewajiban pajak dan mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku. 

Tugas dan tanggung jawabnya adalah menghitung dan melaporkan pajak klien, memberikan konsultasi tentang strategi pajak, dan menganalisis perubahan peraturan pajak dan dampaknya terhadap klien.

6. Akuntan Forensik (Forensic Accountant)

Akuntan forensik memeriksa data keuangan untuk menemukan dan mencegah penipuan atau penyimpangan. Mereka sering bekerja dengan lembaga penegak hukum dan di pengadilan untuk memberikan bukti akuntansi. 

Akuntan Forensik bertugas menyelidiki kasus penipuan dan penyimpangan, mengumpulkan dan menganalisis bukti keuangan, dan menyusun laporan untuk pengadilan.

7. Manajer Keuangan (Finance Manager)

Manajer keuangan bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola keuangan perusahaan. Mereka mengawasi penganggaran, investasi, dan laporan keuangan untuk memastikan kesehatan keuangan organisasi. 

Selain itu, mengelola anggaran dan perencanaan keuangan, menganalisis laporan keuangan dan kinerja perusahaan, serta mengembangkan strategi untuk meningkatkan profitabilitas.

8. Penasihat Keuangan (Financial Advisor)

Penasihat keuangan memberikan saran kepada klien tentang perencanaan keuangan, investasi, dan manajemen kekayaan. Mereka membantu individu atau perusahaan merencanakan masa depan keuangan mereka. 

Tugas yang dilakukan Penasehat Keuangan adalah mengembangkan rencana keuangan yang disesuaikan untuk klien, menganalisis portofolio investasi, dan memberikan nasihat tentang penghematan dan pengeluaran.

9. Pengendali Keuangan (Controller)

Pengendali keuangan mengawasi laporan keuangan dan proses akuntansi dalam organisasi. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga integritas dan akurasi informasi keuangan, memimpin tim akuntansi, menyusun laporan keuangan dan analisis, serta memastikan kepatuhan terhadap standar akuntansi.

10. Staf Keuangan (Finance Staff)

Staf keuangan bekerja di bagian keuangan perusahaan, melakukan tugas-tugas akuntansi dasar, seperti pengelolaan buku besar, pelaporan pajak, dan administrasi keuangan. 

Tugas dan tanggung jawab seorang Staf Keuangan adalah memproses transaksi keuangan, mengelola buku besar dan catatan akuntansi, dan menyusun laporan keuangan rutin.

Kesimpulan

Lulusan akuntansi memiliki berbagai pilihan karir yang menarik dan bermanfaat. Dengan keterampilan analitis dan pengetahuan tentang keuangan, mereka dapat berkontribusi secara signifikan di berbagai sektor, termasuk perusahaan swasta, lembaga pemerintah, dan organisasi nonprofit. 

Mengembangkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan teknologi informasi akan lebih meningkatkan peluang karir bagi lulusan akuntansi.

Lowongan kerja untuk lulusan Akuntansi pun juga termasuk banyak dan memang selalu dibutuhkan. Untuk itu, bagi Anda yang sedang bersiap memasuki perkuliahan, pastikan untuk memilih jurusan yang tidak hanya Anda sukai, namun juga memang yang dibutuhkan saat ini dan di masa yang akan datang. 

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar