3 Cara Cek IP VPS dengan Mudah dan Efektif

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Saat membeli VPS murah, Anda akan menerima beberapa informasi dasar untuk mengakses server, salah satunya adalah IP Address. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda mungkin saja lupa detail IP tersebut. 

Dalam situasi tertentu, seperti saat Anda menggunakan hostname untuk mengakses VPS, terkadang kita lupa berapa IP VPS yang kita miliki.

Setiap server memiliki IP Address sebagai alamat uniknya. IP Address terdiri dari angka-angka unik, misalnya 102.100.0.90. Lalu, bagaimana cara memeriksa IP VPS, terutama jika Anda menggunakan layanan DomaiNesia? 

Sebelum mempelajari berbagai cara untuk mengecek IP Address VPS Anda dengan mudah, mari kenali terlebih dulu apa itu IP Address.

Mengenal Apa Itu IP Address

IP Address adalah deretan angka yang menjadi identitas perangkat yang terhubung ke internet atau jaringan lainnya. Fungsinya mirip dengan nomor rumah pada alamat, yaitu memastikan data dikirimkan ke perangkat yang tepat. Panjang IP address bervariasi dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

Protokol Internet (IP) adalah alat yang mengidentifikasi setiap perangkat yang terhubung ke jaringan, baik itu jaringan internet global maupun jaringan lokal. Berbagai device seperti laptop, komputer, smartphone, maupun printer memiliki IP address masing-masing.

Cara Cek IP VPS di DomaiNesia

Untuk memeriksa IP VPS, ada beberapa metode yang bisa Anda coba. Berikut beberapa cara mudah untuk cek IP VPS:

1. Cek Melalui Dashboard

Cara pertama adalah dengan memeriksa informasi VPS melalui dashboard. Jika Anda menggunakan layanan VPS DomaiNesia, Anda bisa mengecek IP VPS di dashboard melalui MyDomaiNesia.

Untuk mengakses dashboard layanan VPS, langkah pertama adalah masuk ke MyDomaiNesia. Kemudian, pilih menu My Services dan pilih layanan VPS yang Anda gunakan. Selanjutnya, Anda akan diberi arahan menuju ke dashboard VPS. 

Di dalam dashboard ini, Anda bisa menemukan informasi alamat IP pada bagian IP address. Layanan VPS DomaiNesia mendukung IPv4 dan IPv6, sehingga Anda bisa mendapatkan informasi IP VPS untuk versi 4 dan versi 6. 

2. Pakai Perintah ip address atau  ifconfig

Cara ketiga adalah dengan menggunakan perintah `ip address`. Hasil eksekusi perintah ini akan memberikan dua alamat IP, yaitu IPv4 public di sebelah kanan `inet` dan IPv6 public di sebelah kanan `inet6` pada interface `eth0`.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan perintah `ifconfig`. Perintah `ifconfig` merupakan perintah Linux yang digunakan untuk melakukan konfigurasi network interface serta mendapatkan informasi mengenai network interface termasuk alamat IP.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka Terminal dan ketik `ifconfig`. Perintah `ifconfig` sudah deprecated sehingga pada beberapa sistem operasi seperti CentOS dan Alpine Linux secara bawaan tidak ada. Untuk menggunakan perintah ini, Anda perlu meng-install package `net-tools`.

Hasil dari perintah `ifconfig` akan memberikan dua informasi alamat IP, yaitu IPv4 public di sebelah kanan `inet` dan IPv6 di sebelah kanan `inet6` pada interface `eth0`.

3. Gunakan Perintah hostname

Cara lainnya adalah dengan menggunakan perintah hostname di terminal. Perintah hostname adalah perintah Linux yang digunakan untuk mengatur dan mendapatkan hostname. 

Meskipun fungsinya utama berkaitan dengan hostname server, perintah ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan informasi alamat IP VPS.

Dengan menggunakan perintah `hostname -I`, Anda bisa mendapatkan tiga alamat IP: IPv4 public, IPv4 private, dan IPv6 public. Untuk mengakses SSH atau web, biasanya digunakan alamat IP public, baik IPv4 maupun IPv6.

Kesimpulan

Untuk memeriksa IP VPS dengan mudah, Anda dapat menggunakan beberapa metode. Menggunakan layanan dari DomaiNesia, Anda bisa mengecek IP VPS melalui dashboard MyDomaiNesia yang memberikan informasi IPv4 dan IPv6. 

Selain itu, perintah hostname, ip address, dan ifconfig di terminal Linux juga dapat digunakan untuk mengetahui alamat IP VPS. Jika Anda juga mencari domain murah, DomaiNesia menawarkan berbagai pilihan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Setiap metode memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan. Dengan panduan ini, memastikan Anda selalu dapat mengakses dan mengelola IP VPS Anda dengan efektif. Gunakan layanan dari DomaiNesia untuk kemudahan dan keandalan dalam mengelola VPS Anda.


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar